Berdasarkan hasi Penelitian Tindakan Kelas diatas prosentase ketercapaian pada siklus pertama mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus kedua,maka dapat disimpulkan bahwa temuan pada penelitian menjawab hipotesis yang dirumuskan pada bab II bahwa melalui Strategi Pembelajaran Aktif model Everyone Is A Teacher dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar pada siswa Kelas IX-A SMP Muhammadiyah 5 Surakarta.
Berdasarkan hasil penelitian pada bab IV diatas, ada beberapa temuan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu:
Skor rerata aktifitas dalam pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus pertama sampai siklus kedua. Pada siklus pertama keberanian siswa dalm mengemukan pendapat meningkat dari 70,33% menjadi 85,55% mengalami kenaikan sebesar 15,22%.
Skor rerata hasil belajar siswa pada siklus pertama sebesar 7,01% dan pada siklus kedua 7,80%, tergong baik demikian juga tentang penuntasan belajar pada ssiklus pertama 74,82% dan pada siklus kedua menjadi 89,96%.
Download Jurnal PTK SMP kelas 9 Mapel IPS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar