Sebelum perbaikan pembelajaran dari 21 siswa yang mengalami ketuntasan dalam belajar sebanyak 14 siswa atau hanya 67 % dan 7 siswa atau 33 % belum tuntas. Hal ini menunjukkan kegagalan dalam pembelajaran. Setelah penulis merefleksi diri, maka kegagalan iti disebabkan oleh beberapa hal, antara lain : a. Dalam penggunaan alat peraga kurang bervariasi.
b. Pembelajaran masih didomonasi guru. c.Rendahnya tingkat penguasaan materi oleh siswa. d. Kurang relevannya metode yang digunakan.Kegagalan dalam pembelajaran PKn dengan kelas IV semester I di semester I di SD Tahun 2015/2016, maka peneliti perlu melakukan perbaikan pembelajaran siklus I.
Berdasarkan hasil diskusi dengan teman sejawat serta supervisor bahwa ketidaktuntasan siswa dalam proses pembelajaran PKn kelas IV semester I di SD Tahun 2015/2016 , disebabkan oleh : a. Siswa kurang konsentrasi dalam pembelajaran. b.Tidak semua siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. c.Kurangnya motivasi guru terhadap siswa. d. Kurangnya keberanian siswa dalam mengutarakan pendapat.
Berdasarkan temuan masalah diatas, maka langkah yang ditempuh guru untuk meningkatkan hasil belajar adalah
Download jurnal PTK SD kelas 4 mata pelajaran PKn
Tidak ada komentar:
Posting Komentar