Berdasarkan studi awal yang penulis lakukan di Kelas IV SD dalam mengajar guru belum mencobaka metode-metode yang direkomendasikan oleh Depdikbud di atas. Metode yang sering digunakan oleh guru dalam mengajar masih sebatas ceramah dan tanya jawab. Dalam penelitian ini penulis akan mencobakan pembelajaran PKn dengan menggunakan metode kontruktivisme yang merupakan metode yang belum pernah dicobakan sebelumnya pada siswa.
Salah satu tawaran yang dapat dijadikan acuan dalam mengatasi rendahnya kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SD Tahun 2014/2015 adalah dengan melalui pembelajaran konstruktivisme, yaitu usaha maksimal untuk mengkonstruksi pemahaman bagi siswa atas apa yang dipelajarinya.
Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI SD Tahun 2014/2015 pada mata pelajaran PKn melalui pembelajaran konstruktivisme ?
Download jurnal PTK SD kelas 4 mata pelajaran PKn semester II
Tidak ada komentar:
Posting Komentar