Senin, 01 Januari 2018

Contoh Jurnal PTK SMA IPA: PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF FLUIDA DINAMIS

Hasil kajian dokumen menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI MIPA 1 masih sangat rendah. Hal ini ditunjukkan dari hasil belajar materi di semester  gasal, hasil ulangan harian pada semester genap biasanya siswa tuntas KKM pada kelas XI MIPA 1 ini rata- rata hanya 5 orang (15,15 % dari 33 siswa). Kajian dokumen dari penilaian aktivitas belajar siswa oleh guru menunjukkan bahwa hanya ada 3 siswa yang berusaha menjawab pertanyaan guru dan ada sekitar 5 orang siswa yang mengerjakan latihan soal di depan kelas.

Dari hasil observasi, wawancara, dan kajian dokumen diperoleh kesimpulan bahwa terdapat masalah dalam kelas XI MIPA 1 yaitu bahwa pada kelas tersebut aktivitas belajar siswa amat rendah. Selama kegiatan belajar mengajar siswa hanya bersifat pasif menerima materi yang disampaikan oleh guru. Hasil observasi prasiklus menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa di kelas XI MIPA 1 rendah, Motor Activity  selama pembelajaran di kelas adalah 0 %, Oral Activity  terhitung 6.90 %, dan Writing Activity terhitung 27.59 % siswa aktif dari 29 siswa.

Hasil belajar dalam ranah kognitif siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 6 Surakarta juga dapat dikatakan sangat rendah. Siswa tuntas dalam tes kognitif materi kesetimbangan benda tegar hanya 3 orang siswa (10.35 % % dari 29 siswa) sedangkan siswa tak tuntas berjumlah 26 siswa (89.65 % dari 29 siswa). Kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan oleh pihak sekolah yaitu 70.

Download contoh Jurnal PTK SMA IPA Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar