Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan olehpeneliti, dapat diketahui bahwa masih terdapat beberapa kelemahanyangterjadi pada peserta didik yaitu: 1) Masih terdapat peserta didik yang melakukan aktivitas lain diluar pembelajaran. 2) Masih ada peserta didik yang belum berani menyampaikan pendapat. Berdasarkan hasil refleksi diatas, maka dapat dianalisis tindakan perbaikan untuk siklus II pada pertemuan berikutnya: 1) Guru harus memberikan semangat dan juga memberikan penjelasan yang lebih jelas, rinci dan menarik agar peserta didik bisa fokus terhadap materi yang disampaikan.2) Guru lebih memotivasi peserta didik agar lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran seperti dalam kegiatan diskusi maupun presentasi didepan kelas. 3) Guru juga harus lebih sering mengajak peserta didik berkomunikasi atau membangun relasi agar peserta didik juga turut aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Kegiatan siklus II merupakan kegiatan yang sama dengan siklus I, yaitu mengulang kembali proses pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning untuk melakukan perbaikan dari kegiatan siklus I. Perbedaan hanya terletak pada perencanaan, perencanaan pada siklus II mengacu pada refleksi siklus I dan materi yang diajarkan sesuai dengan penerapan Problem Based Learning. Penerapan pembelajaran sosiologi pada siklus II menggunakan model Problem Based Learning adalah sebagai berikut: a. Tahap Perencanaan Tindakan Siklus II. Tindakan siklus II lebih difokuskan untuk penyempurnaan dan perbaikan siklus I.
Materi yang digunakan pada siklus II ini adalah pengendalian sosial. Pada kegiatan ini peneliti menentukan bahwa pelaksanaan siklus II dilaksanakan selama 2 kali pertemuan sekaligus evaluasi. b.Tahap Pelaksanaan Tindakan Siklus II. Tahap pelaksanaan tindakan siklus IIini dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2016 dan 24 Maret 2016. c. Tahap Observasi Tindakan Siklus II: 1) Tahap Mengajar, dalam siklus II dilaksanakan dengan 2 pertemuan sekaligus evaluasi. 2) Diskusi Kelompok, pada kegiatan berdiskusi masing-masing kelompok mendiskusikan soal diskusi dalam bentuk contoh berita pada pertemuan pertama dan materi gambar pada pertemuan kedua. 3) Presentasi, setelah kegiatan diskusi selesai, setiap kelompok harus menyiapkan diri untuk selanjutnya mempresentasikan hasil diskusi. 4) Evaluasi, dalam siklus II ini kegiatan evaluasi dilakukan pada pertemuan kedua setelah semua kelompok mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas. 5) Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik
Download contoh Jurnal PTK SMA IPS disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar