Senin, 17 Oktober 2016

Jurnal PTK SD kelas 4 mata pelajaran PKN materi susunan pemerintahan pusat

Berdasarkan hasil pengamatan atau observasi selama pembelajaran PKn berlangsung, diperoleh gambaran tentang aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn dengan rincian sebagai berikut: Pada pertemuan pertama, suasana kelas sudah cukup tertib siswa antusias dan semangat sebelum  pembelajaran dimulai.

Pada saat  berlangsungnya  diskusi  juga berjalan tertib siswa sudah paham saat berpindah dari kelompok awal ke kelompok ahli, dan di kelompok ahli pun siswa berdiskusi dengan cukup baik karena sudah ada lembar kerja sehingga diskusi siswa menjadi lebih terarah. Kegaduhan yang terjadi di kelas dapat diatasi dengan baik oleh guru,  saat  suasana  kelas  guru  mengucapkan  kata  “hai”  dan  siswa menjawab “halo” atau sebaliknya dengan kegiatan seperti itu siswa bisa kembali tenang dan berdiskusi dengan baik.

Saat siswa kembali ke kelompok asal, mereka sudah mulai bisa bekerjasama dengan baik untuk saling bertanggung jawab dalam menginformasikan materi pada teman di kelompoknya, karena dengan kerja sama yang baik mereka nantinya dapat memahami materi itu dengan baik.

Pada saat guru meminta kelompok yang sudah selesai untuk maju kedepan kelas dan membahas hasil diskusinya hanya ada beberapa kelompok yang mau maju kedepan karena mereka disuruh membahas hasil diskusinya tanpa membaca jawaban yang ada di lembar kerja kelompok, jadi siswa harus bisa paham tentang apa yang sudah mereka diskusikan.

Download jurnal PTK SD kelas 4 mata pelajaran PKN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar