Berdasarkan hasil pengamatan atau observasi selama pembelajaran PKn berlangsung, diperoleh gambaran tentang aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn dengan rincian sebagai berikut: Pada pertemuan pertama, suasana kelas sudah cukup tertib siswa antusias dan semangat sebelum pembelajaran dimulai.
Pada saat berlangsungnya diskusi juga berjalan tertib siswa sudah paham saat berpindah dari kelompok awal ke kelompok ahli, dan di kelompok ahli pun siswa berdiskusi dengan cukup baik karena sudah ada lembar kerja sehingga diskusi siswa menjadi lebih terarah. Kegaduhan yang terjadi di kelas dapat diatasi dengan baik oleh guru, saat suasana kelas guru mengucapkan kata “hai” dan siswa menjawab “halo” atau sebaliknya dengan kegiatan seperti itu siswa bisa kembali tenang dan berdiskusi dengan baik.
Saat siswa kembali ke kelompok asal, mereka sudah mulai bisa bekerjasama dengan baik untuk saling bertanggung jawab dalam menginformasikan materi pada teman di kelompoknya, karena dengan kerja sama yang baik mereka nantinya dapat memahami materi itu dengan baik.
Pada saat guru meminta kelompok yang sudah selesai untuk maju kedepan kelas dan membahas hasil diskusinya hanya ada beberapa kelompok yang mau maju kedepan karena mereka disuruh membahas hasil diskusinya tanpa membaca jawaban yang ada di lembar kerja kelompok, jadi siswa harus bisa paham tentang apa yang sudah mereka diskusikan.
Download jurnal PTK SD kelas 4 mata pelajaran PKN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar