Hasil observasi pada praktek kondisi awal, diperoleh data bahwa nilai rata-rata prestasi belajarkonsep materi sunah sholat dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV 59,5 masih jauh di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan dalam pelajaran PAI yaitu 70. Siswa yang nilainya mencapai KKM tidak ada dari total 21 siswa kelas IV SD Tahun Pelajaran 2013/2014.
Hal tersebut menunjukkan prestasi belajar konsep Pengertian Malaikat dan Kejadiannya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas IV SD masih rendah. Melihat kondisi tersebut, maka peneliti sebagai guru Pendidikan Agama Islam berencana untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas melalui Model pembelajaran Outentic Learning.
Peneliti dan rekan peneliti mengamati proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas menggunakan lembar observasi yang telah disusun dengan aspek-aspek yang berhubungan dengan penerapan Model pembelajaran Outentic Learning pada saat pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Hasil observasi pada siklus I diperoleh data prestasi belajar siswa kelas IV sebagai berikut,
Download Jurnal PTK SD kelas 4 mapel Pendidikan Agama Islam (PAI)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar