Pada pertemuan kedua keadaan kelas sudah lebih baik dari pertemuan pertama. Kegiatan pembelajaran hampir sama pada pertemuan 1 siklus II, pada saat mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas tiap kelompok mulai berani dan bisa menjawab pertanyaan guru dengan jawaban yang lancar dan baik.
Siswa yang lain memperhatikan dengan seksama saat teman mereka maju karena bila teman yang sedang maju tidak bisa menjawab pertanyaan dari guru maka kelompok lainnya akan langsung menjawab sehingga poin sebagai kelompok aktif akan bertambah dan bisa memperoleh reward dari guru.
Analisis hasil tindakan siklus I direfleksi sesuai dengan proses pembelajaran yang dilakukan. Data yang diperoleh melalui observasi dikumpulkan kemudian dianalisis.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan selama proses pelaksanaan tindakan, peneliti melakukan refleksi sebagai berikut: 1) Seluruh siswa mengikuti pembelajaran PKn. Hasil evaluasi rata–rata PKn siswa pada siklus II yaitu 74,55. 2) Berdasarkan hasil evaluasi PKn pada siklus II tidak ada siswa yang memperoleh nilai <70 (KKM) sedangkan siswa yang memperoleh nilai ≥70 (KKM) yaitu 14 iswa atau 100 %.
Download jurnal PTK SD kelas 5 mapel PKn
Tidak ada komentar:
Posting Komentar