Dari data di atas, pada kondisi awal ini nilai rata-rata siswa hanya 52,8, jauh di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan dalam pembelajaran IPA di SD, yaitu 65, siswa yang mencapai KKM 0 siswa atau 0 % dari total 26 siswa kelas V.
Ada 2 faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar materi pokok pembuatan makanan pada tumbuhan, siswa dalam pembelajaran IPA rendah pada siswa kelas V SD, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal siswa tersebut antara lain: motivasi, intelegensi, kebiasaan dan rasa percaya diri. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang terdapat di luar siswa, seperti; guru sebagai pembina kegiatan belajar, startegi pembelajaran, sarana dan prasarana, kurikulum dan lingkungan.
Pada pembelajaran IPA selama ini masih menggunakan metode pembelajaran yang monoton, yaitu ceramah dan instruksi langsung. Dengan metode ini membuat siswa kurang aktif, hanya guru yang aktif menyampaikan materi. Dan berdasarkan hasil pengamatan dan pengalaman selama ini, siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar-mengajar. Anak cenderung tidak tertarik dengan pelajaran IPA sehingga menyebabkan rendahnya Hasil belajar siswa di sekolah.
Download jurnal PTK SD kelas V mapel IPA materi pembuatan makanan pada tumbuhan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar