Peningkatan aktivitas belajar siswa diindikasikan dengan meningkatnya jumlah siswa dengan aktivitas belajar kategori aktif dari sebesar 23.53% pada kondisi awal, meningkat menjadi 35.29% pada tindakan Siklus I, kemudian meningkat menjadi 88.24% pada tindakan Siklus II; dan 2) Penerapan pendekatan pembelajaran berbasis Deep Dialogue / Critical Thinking (DD/CT) dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi “Mengenal Pentingnya Harga Diri” pada siswa kelas III semester 2 SD tahun pelajaran 2013/2014.
Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus tindakan yang dilakukan. Nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari sebesar 73.76 pada kondisi awal, meningkat menjadi 79.82 pada akhir tindakan Siklus I, kemudian meningkat menjadi 84.35 pada akhir tindakan Siklus II.
Ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari sebesar 47.06% pada kondisi awal, meningkat menjadi 70.59% pada akhir tindakan Siklus I, kemudian meningkat menjadi 100% pada akhir tindakan Siklus II.
Download jurnal PTK SD kelas 3 Mapel PKn
Tidak ada komentar:
Posting Komentar