Terbukti dari hasil perolehan data sebelum perbaikan siklus II yang memperoleh nilai 80 lebih hanya 20 anak setelah perbaikan pembelajaran menjadi 29 anak. Nilai 60 – 70 sebelum perbaikan 7 anak sesudah perbaikan (Siklus II ) 1 anak dan nilai kurang dari 60 sebelum perbaikan 10 anak sesudah perbaikan Siklus I hanya 1 anak.Data di atas membuktikan bahwa kegiatan proses pembelajaran IPA denganmenerapkan model pembelajaran picture and picturedalamkonsep Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidupdapat meningkatkan kualitas pembelajaran.
Dari hasil keseluruhan siklus yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa guru telah dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA kelas III SD melalui model pembelajaran picture and picture dan menyebutkan konsep Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidupsemester 1 tahun pelajaran 2012/2013dalam proses pembelajaran. Hal itu tampak jelas pada data-data diatas, bahwa dalam setiap siklus selalu membawa dampak positif ke arah peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran aktif model picture an picture dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA materi konsep ciri-ciri makhluk hidup bagi siswa kelas III SD semester I tahun pelajaran 2012/2013.
Download jurnal PTK SD kelas 3 Mapel IPA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar