Dari tabel di atas, secara empiris diperoleh fakta bahwa kemampuan menggunakan metode demonstrasi untuk memahami struktur bahan siswa setelah pelaksanaan tindakan penelitian siklus II melalui penerapan praktik menggunakan metode demonstrasi untuk memahami struktur bahan menunjukkan peningkatan daripada siklus I.
Pada siklus I, nilai rata-rata kemampuan menggunakan metode demonstrasi untuk memahami struktur bahan siswa kelas V adalah 71,4 (di bawah nilai KKM), nilai tertinggi 90, nilai terendah 50 dan siswa yang mencapai ketuntasan KKM sejumlah 10 siswa (71,4 %).Pada siklus II kemampuan menggunakan metode demonstrasi untuk memahami struktur bahan siswa kelas II menunjukkan peningkatan, menjadi nilai rata-rata 73,6 (di atas nilai KKM), nilai tertinggi 100, nilai terendah 70 dan siswa yang mencapai nilai KKM menjadi 14 siswa (100%), berarti hanya 0 siswa yang nilainya di bawah KKM.
Peningkatan kemampuan menggunakan metode demonstrasi untuk memahami struktur bahan siswa kelas V SDN Kwarasan 02 semester I Tahun Pelajaran 2013/2014 pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan dalam penelitan tindakan kelas ini.
Jadi melalui penerapan praktik menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar konsep struktur bahan pada siswa kelas V SD semester I Tahun Pelajaran 2013/2014.
Download jurnal PTK SD kelas 5 mapel IPA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar