Senin, 24 Oktober 2016

Jurnal PTK SD kelas 4 mata pelajaran IPS

Pada siklus I, melalui metode Problem Solving hasil belajar   siswa menunjukkan peningkatan. Nilai rata-rata siswa menjadi 63,6 (masih di bawah nilai KKM), nilai tertinggi 75, nilai terendah 55 dan siswa yang mencapai ketuntasan KKM sejumlah 6 siswa (40%).

Meskipun terjadi peningkatan pada siklus I ini, namun peningkatannya belum mencapai indikator keberhasilan dalam penelitan ini. Maka peneliti dan guru kolaborator memutuskan untuk melanjutkan tindakan penelitian ke siklus II dengan tetap menerapkan metode Problem Solving, dengan perbaikan pada kelemahan dan kekurangan yang terjadi di siklus I.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh guru kolaborator, pada siklus II ini siswa menunjukkan peningkatan dibandingkan siklus I. Pada kegiatan pembelajaran siklus II, secara umum siswa dapat dengan baik memahami metri  sumber daya alam.

Siswa juga tampak semakin semakin percaya diri, hal ini karena siswa telah melaksanakan diskusi dengan teman tim sebelumnya. Bila dibandingkan dengan penampilan kegiatan pembelajaran pada siklus I, interaksi siswa lebih baik. Hasil Belajar  siswa pada siklus II dapat dilihat sebagai berikut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar