Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hipotesis menyatakan: diduga hasil belajar matematika dengan materi Pengukuran melalui model pembelajaran Pair Cheks pada siswa kelas VI SD semester I Tahun Pelajaran 2014/2015. Data empiris menyatakan bahwa hasil belajar konsep Pengukuran melalui model pembelajaran Pair Cheks dari kondisi awal nilai rata-rata siswa 52,1 dengan siswa yang mencapai ketuntasan KKM tidak ada (0 %) ke kondisi akhir nilai rata-rata 70,7 dengan siswa yang mencapai ketuntasan KKM sejumlah 21 siswa (100%) pada siswa kelas VI SD semester I Tahun Pelajaran 2014/2015.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Pair Cheks dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pengukuran siswa kelas VI SD semester I Tahun Pelajaran 2014/2015.
Kata kunci: Hasil belajar,Hakikat Matematika,Model pembelajaran Pair Cheks.
Download jurnal PTK SD Kelas VI mapel Matematika
Tidak ada komentar:
Posting Komentar