Sabtu, 29 Oktober 2016

Jurnal PTK SMA kelas 11 IPS mapel Akuntansi materi Laporan Keuangan

Penyajian materi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa.

Hal ini terbukti pada nilai post tes diakhir siklus I nilai rata-rata siswa 76,64 dengan prosentase ketuntasan sebesar 76,97% terjadi peningkatan prosentase ketuntasan siswa yaitu sebesar 23,03% (prosentase sebelum siklus I yaitu 36,09%, prosentase siklus I 63,91%) peningkatan nilai rata-ratanya yaitu sebesar 11,86 (sebelum siklus I yaitu 63,91, nilai siklus I 76,97). Dengan demikian indikator ketercapaian belajar siswa pada siklus I sebesar 70% telah tercapai. Hal ini menunjukkan siswa lebih mudah memahami materi yang diberikan oleh guru sebab adanya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD).

Pada siklus II juga terjadi peningkatan hasil belajar kognitif siswa yang terbukti dengan nilai rata-rata mereka adalah 87,31 dengan prosentase ketuntasan sebesar 100% melampaui indikator ketercapaian ketuntasan belajar siswa yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu 75%. Apabila dibandingkan dengan siklus I, prosentase ketuntasan siswa mengalami peningkatan sebesar 21,62% ( siklus I 76,97%, siklus II 100%), dengan peningkatan nilai rata-rata sebesar 11,95 (rata-rata nilai siklus I 76,64, nilai rata-rata siklus II 87,31).

Apabila dibandingkan dengan sebelum penerapan STAD, nilai rata-rata siswa siklus II mengalami peningkatan sebesar 23,81 (sebelum penerapan STAD 63,91, siklus II 87,31) dengan peningkatan prosentase ketuntasan siswa sebesar 59,46% (sebelum penerapan 36,09%, siklus II 100%).


Download jurnal PTK SMA kelas 11 IPS mapel Akuntansi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar