Setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas melalui penerapan Metode Numbered Head Together (NHT) dalam 2 (dua) siklus, diperoleh hasil sebagai berikut:Hipotesis menyatakan: diduga melalui penerapanMetode Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkanHasil belajarPKn materi pokok Pentingnya Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ), pada siswa kelas V SD Tahun Pelajaran 2012/2013.
Data empiris menyatakan bahwa melalui penerapanMetode Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajarmateri pokok Pentingnya Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ),siswadalam pembelajaran PKn dari kondisi awal nilai rata-rata siswa 59,4 dengan siswa yang mencapai ketuntasan KKM sejumlah 2 siswa (12,5%) ke kondisi akhir nilai rata-rata 73,1 dengan siswa yang mencapai ketuntasan KKM sejumlah 15 siswa (93,25%) pada siswa kelas V SD semester I Tahun Pelajaran 2012/2013.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa, melalui penerapanMetode Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan Hasil belajarmateri pokok Pentingnya Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ),siswadalam pembelajaran PKnpada siswa kelas V SD Tahun Pelajaran 2012/2013.
Download Jurnal PTK SD kelas 5 Mata Pelajaran PKn
Tidak ada komentar:
Posting Komentar