Selasa, 18 Oktober 2016

Download jurnal PTK SD Kelas 5 mata pelajaran IPA

Validasi data nilai konsep alat pernapasan Hewan pada siswa dalam pembelajaran IPA, baik kondisi awal, siklus I,  maupun siklus II diperoleh dengan teknik observasi. Supaya data tersebut valid, peneliti membandingkan hasil observasinya dengan hasil observasi teman sejawat.Validasi data Hasil Belajar konsep alat pernapasan hewan pada siswa dalam pembelajaran IPA , baik kondisi awal, siklus I,  maupun siklus II diperoleh dengan teknik tes. Supaya data yang diperoleh valid perlu dilakukan validasi isi.

Langkah-langkah analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah : 1) Data Hasil Belajar konsep alat pernapasan hewan pada siswa dalam pembelajaran IPA  meliputi nilai praktek dan nilai tes tertulis kondisi awal, siklus I,  dan siklus II dihitung rata-ratanya, dengan bobot yang sama.2) Ada 3 (tiga) data Hasil Belajar konsep alat pernapasan hewan pada siswa dalam pembelajaran IPA, yaitu data Hasil  Belajar konsep alat pernapasan hewan pada siswa dalam pembelajaran IPA kondisi awal sebelum pelaksanaan PTK, data   hasil Belajar konsep alat pernapasan hewan pada siswa dalam pembelajaran IPA  pada siklus I, Hasil Belajar konsep alat pernapasan hewan pada siswa dalam pembelajaran IPA  pada siklus II dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif komparatif dan dilanjutkan dengan reflektif.

Indikator kinerja pada penelitian tindakan kelas ini adalah: 1) Nilai Hasil Belajar konsep alat pernapasan hewan pada siswa dalam pembelajaran IPA menunjukkan peningkatan dari kondisi awal ke siklus I  dan dari siklus I ke siklus II. 2) Nilai rata-rata hasil Belajar konsep alat pernapasan hewan pada siswa dalam pembelajaran IPA, mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapkan (KKM), yaitu 65.3) Minimal 65% siswa kelas IV, nilai Hasil Belajar konsep alat pernapasan hewan pada siswa dalam pembelajaran IPA  siswa mencapai KKM.

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, dan tiap siklus terdiri dari 2 (dua) pertemuan.1 (satu) pertemuan untuk pelaksanaan tindakan sekaligus pengambilan nilai praktek dan 1 (satu) pertemuan terakhir untuk tes tertulis.Model penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Taggart, yang terdiri dari 4 (empat) komponen, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi.

Download jurnal PTK SD Kelas 5 mata pelajaran IPA 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar