Minggu, 23 Oktober 2016

Jurnal PTK SD kelas 4 mapel IPS materi Kenampakam Alam

Hal ini berdampak pada rendahnya motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.  Mengingat pentingnya mata pelajaran IPS sebagai mata pelajaran yang mengusung misi pendidikan nilai dan moral maka pembelajaran IPS di sekolah harus dapat mendukung ketercapaian misi tersebut. Kenyataan di lapangan, khususnya pada siswa kelas IV semester I di SD   tahun pelajaran 2013/2014 , menunjukkan bahwa siswa belum sepenuhnya menguasai materi.

Hasil pengamatan menunjukkan bahwa penguasaan siswa terhadap konsep “Kenampakan Alam ” masih belum optimal. Hal ini ditunjukkan dengan masih banyaknya siswa yang belum mencapai batas tuntas belajar sesuai dengan KKM yang ditentukan, yaitu dengan KKM > 70.0. Belum optimalnya penguasaan konsep “Kenampakan Alam ” cukup terlihat jelas.

Hal ini ditunjukkan dengan rendahnya tingkat ketuntasan belajar siswa di kelas ini, yaitu baru mencapai 38,88% dari 18 siswa yang ada. Ditinjau dari perolehan nilai rata-rata kelas, nilai yang diperoleh secara klasikal adalah sebesar 66,88. Nilai ini masih di bawah batas ketuntasan belajar yang ditentukan dengan KKM > 70.0.

Download jurnal PTK SD kelas 4 mapel IPS materi Kenampakam Alam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar