Selasa, 18 Oktober 2016

Jurnal PTK SD kelad 4 mata pelajaran IPS materi Kenampakan Alam

Hasil pengamatan menunjukkan bahwa penguasaan siswa terhadap konsep “Kenampakan Alam ” masih belum optimal. Hal ini ditunjukkan dengan masih banyaknya siswa yang belum mencapai batas tuntas belajar sesuai dengan KKM yang ditentukan, yaitu dengan KKM > 70.0. Belum optimalnya penguasaan konsep “Kenampakan Alam ” cukup terlihat jelas. Hal ini ditunjukkan dengan rendahnya tingkat ketuntasan belajar siswa di kelas ini, yaitu baru mencapai 37,50% dari 16 siswa yang ada. Ditinjau dari perolehan nilai rata-rata kelas, nilai yang diperoleh secara klasikal adalah sebesar 66,88. Nilai ini masih di bawah batas ketuntasan belajar yang ditentukan dengan KKM > 70.0.

Rendahnya hasil belajar yang diperoleh tidak terlepas dari rendahnya motivasi siswa dalam belajar IPS. Hal ini dapat diketahui dari hasil sebaran kuesioner tentang motivasi belajar. Hasil sebaran kuesioner yang dilakukan guru terhadap siswa menunjukkan bahwa siswa dengan motivasi belajar kategori masih rendah. Kondisi tersebut mendorong diperlukannya suatu penanganan yang lebih intensif agar aktivtas belajar siswa kelas IV semester I SD tahun pelajaran 2014/2015  meningkat. Hal ini dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran yang dapat menstimulasi siswa untuk terlibat dalam kegiatan pembelajaran.

Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk menggunakan strategi pembelajaran elaboratif dengan strategi peta konsep untuk meningkatkan penguasaan materi ajar pada siswa. Adapun judul yang diangkat dalam penelitian ini adalah: “Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Kenampakan Alam Melalui Pembelajaran Elaboratif Strategi Concept Mapping Bagi Siswa Kelas IV Semester I SD Tahun Pelajaran 2014/2015”.

Mengacu pada perumusan masalah tersebut di atas, maka tujuan dilakukannya penelitian tindakan ini adalah sebagai berikut: 1)Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan pembelajaran elaboratif dengan strategi peta konsep. 2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran elaboratif dengan strategi peta konsep.3) Untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran elaboratif dengan strategi concept mapping dalam pembelajaran IPS kompetensi dasar “Kenampakan Alam ”  bagi siswa kelas IV semester I SD  tahun pelajaran 2014/2015

Download jurnal PTK SD kelad 4 mapel IPS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar