Kamis, 20 Oktober 2016

Jurnal PTK SD Kelas 4 Mapel IPA materi Memahami Benda

Kondisi awal tindakan merupakan hasil refleksi terhadap pencarian fakta tentangpembelajaran IPAkonsep “Memahami Benda” pada siswa kelas IVSemester 1 SD tahun pelajaran 2014/2015.

Hasil tes diperoleh dari nilai ulangan harian yang diperoleh dari 19 orang siswa kelas IV Semester 1 SD tahun pelajaran 2014/2015.Berdasarkan nilai ulangan harian, dapat diketahui bahwa nilai terendah yang diperoleh adalah sebesar 55, nilai tertinggi sebesar 80, dan nilai rata-rata kelas diperoleh sebesar 66.00. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 64.00< KKM yang ditetapkan, yaitu sebesar 65,00.

Atas dasar hal tersebut, maka siswa kelas IVSemester 1 SDtahun pelajaran 2014/2015secara klasikal belum mencapai ketuntasan belajar dalam pembelajaran IPA materi Memahami Benda.

Ditinjau dari tingkat ketuntasan belajar, dari 19 siswa yang ada, jumlah siswa yang sudah memperoleh nilai > KKM baru mencapai 9 orang siswa (47%).Sisanya sebanyak 10 orang siswa (53%) belum mencapai batas tuntas.Dengan demikian, secara klasikal siswa kelas IVSemester 1 SD  tahun pelajaran 2014/2015belum mencapai batas tuntas penguasaan penuh secara klasikal yang dipersyaratkan>80.00%.

Download jurnal PTK SD Kelas 4 Mapel IPA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar