Berdasarkan hasil observasi diatas terlihat bahwa penggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada pembelajaran matematika di siklus I masih belum optimal dan perlu ditingkatkan pemahaman siswa terhadap pelaksanaan metoda pembelajaran Think Pair Share (TPS).
Hal ini terlihat masih banyak siswa yang belum bisa mengemukakan pendapatnya, dapat dilihat bahwa aktivitas siswa < 60 % untuk itu penelitian ini perlu dilanjutkan ke siklus II
Tabel rekapitulasi aktivitas belajar diatas memperlihatkan terjadinya perubahan aktivitas belajar dari siklus pertama ke siklus ke dua. Peningkatan aktivitas belajar paling tinggi adalah mengajukan pertanyaan yakni sebesar 36,9% .
Sedangkan peningkatan paling rendah adalah membuat kesimpulan yakni sebesar 14,3 %. Dari 5 indikator aktivitas belajar yang diamati kolborator, rata-rata aktivitas siswa pada siklus 1 yakni sebesar 50,3 % dan rata-rata siklus II yakni sebesar 75,7 % . Dengan persentase peningkatan aktivitas siswa 25,5 %.
Download jurnal PTK SMA Kelas XII mapel Matematika
Tidak ada komentar:
Posting Komentar