Dari tabel nilai mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di atas dapat dijelaskan bahwa siswa SD ternyata belum maksimal karena nilai tertinggi adalah 91-100 dicapai oleh 0 siswa (0 %), niali 81 - 90 dicapai oleh 6 siswa (22,22 %), nilai 71 – 80 dicapai oleh 15 siswa (55,55 %), nilai 61 -70 dicapai oleh 6 siswa (22,22 %) dan nilai 51 -60 dicapai 0 siswa (0 %).
Artinya siswa SD yang sudah mencapai nilai KKM sejumlah 25 siswa (92,59%) dan yang belum mencapai KKM 2 anak (7,40 %). Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pada proses pembelajaran.
Terbukti dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan pada pokok kerjasama negara-negara Asia Tenggara.
Download jurnal ptk SD kelas 4 mapel PKn materi Kerjasama negara-negara Asia Tenggara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar