Dari hasil analisis data dan refleksi, peneliti menemukan fakta bahwa siswa mengalami peningkatan kemampuan dalam menulis teks Recount dari siklus pertama sampai siklus kedua. Hasil dari pemberian tindakan untuk tiap-tiap putaran atau siklus menunjukkan bahwa pemanfaatan alat peraga Flash Card dan Pola Latihan Bertahap sangat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan menulis teks Recount.
Nilai rata-rata siswa pada tahap sebelum pemberian tindakan dari 60,53 dengan prosentase ketuntasan belajar siswa 43,75%, meningkat menjadi 62,65 dengan prosentase ketuntasan belajar siswa 56,25 setelah siswa diberi tindakan pada siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 68 dengan prosentase ketuntasan siswa 81,25% setelah diberi perbaikan tindakan pada siklus 2.Dengan gain skor (Perolehan nilai) rat-rata 7,47.
Dari keterangan di atas, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan alat peraga Flash Card melalui Pola Latihan Bertahap terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks Recount.
Berdasarkan simpulan di atas, peneliti menyimpulkan Pemanfaatan Alat Peraga Flash Card melalui Pola Latihan Bertahap Dalam Pembelajaran Menulis Teks Recounr adalah salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis .
Oleh karena itu, peneliti memberikan saran untuk guru (1) harus inovatif dan kreatif dalam mengembangkan Media Pembelajaran sehingga siswa tidak merasa jenuh pada waktu mengikuti proses pembelajaran.(2) harus terus berupaya untuk belajar disamping mengajar.(3) harus mampu berpikir kreatif untuk tetap membuat siswa-siswinya tetap dapat berprestasi walau dalam keadaan yang serba terbatas.Untuk sekolah (1) sebaiknya memperhatikan dan menyediakan sarana dan prasarana demi kelancaran program pembelajaran.(2) sekolah hendaknya mampu membudayakan kegiatan Penelitian Tindakan Kelas karena hakikat PTK adalah untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa.
Download Jurnal PTK SMP Kelas VIII Bahasa Inggris
Tidak ada komentar:
Posting Komentar