Rabu, 26 April 2017

Jurnal PTK SD Kelas 6 Mapel IPS (Keragaman suku Bangsa)

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Wirogunan 03 Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014 pada kelas IV. Alasan pemilihan adalah karena peneliti mengajar di sekolah tersebut sehingga memudahkan dalam pelaksanaan tindakan. Penelitian direncanakan dalam waktu 3 (tiga) bulan yaitu dari persiapan penelitian bulan Oktober 2013 sampai dengan penyusunan laporan penelitian bulan Desember 2013.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV semester I SD Negeri Wirogunan 03 Kartasura Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Alasan pemilihan subjek dilandasi pada kenyataan bahwa tingkat ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran IPS rendah, yaitu baru mencapai 58.33%.

Sesuai dengan tujuan penelitian, maka jenis penelitian yang paling tepat adalah maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Model dan strategi tindakan dalam penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Taggart (Wiriaatmadja, 2006: 69) dengan dua siklus.

Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 (dua) siklus. Tiap-tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang dicapai. Untuk mengetahui permasalahan yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV semester I SD Negeri Wirogunan 03 Kartasura Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014, dilakukan observasi terhadap kegiatan pembelajaran melalui langkah-langkah yang telah ditentukan.



Download Jurnal PTK SD Kelas 6 Mapel IPS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar