Rabu, 26 April 2017

Jurnal PTK SD Kelas 4 Mapel Matematika (Pecahan)

Karena keterbatasan peneliti maka dalam penelitian ini mencoba mengadakan penelitian tindakan kelas dengan judul “Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Matematika Tentang Menjumlahkan dan Mengurangkan Pecahan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri Sidorejo 01 Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014”.

Berdasarkan latar belakang masalah di atas dapat diungkapkan  rumusan masalah sebagai berikut: Apakah melalui penerapan model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika tentang menjumlahkan dan mengurangkan pecahan bagi siswa kelas IV SD Negeri Sidorejo 01 Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014?

Adapun tujuan khusus dalam penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut: Untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika tentang menjumlahkan dan mengurangkan pecahan melalui penerapan model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) bagi  siswa  kelas IV SD Negeri Sidorejo 01 semester II tahun pelajaran 2013/2014.

Manfaat bagi siswa. Penelitian ini dapat menumbuhkan minat dan hasil belajar matematika tentang menjumlahkan dan mengurangkan pecahan, menambah pengetahuan dan wawasan siswa, meningkatkan rasa percaya diri siswa agar lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran, serta mengatasi kejenuhan siswa, dan meningkatkan kerja sama dalam belajar.

Manfaat bagi guru, memperoleh teori baru tentang model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru, membantu guru dalam memperbaiki proses pembelajaran, meningkatkan kreativitas, pengetahuan guru dalam merancang suatu pembelajaran, mengembangkan, dan meningkatkan pendekatan, metode, atau gaya pembelajarannnya agar ia mampu melahirkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik kelasnya.

Manfaat bagi Sekolah, Penelitian ini memberikan masukan yang positif, yaitu dapat digunakan sebagai bahan masukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan hubungan kerjasama antara guru dan siswa, kepala sekolah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan dan mengefektifkan pembinaan dan pengelolaan pemanfaatan sumber belajar dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah, serta meningkatan efisiensi pelaksanaan pembelajaran.


Download Jurnal PTK SD Kelas 4 Mapel Matematika (Pecahan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar