Rabu, 26 April 2017

Jurnal PTK SD Kelas 6 Mapel PKN (Sistem Pemerintahan RI)

Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI semester I SD Negeri Wirogunan 02 Kartasura Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2014/2015. Alasan pemilihan lokasi penelitian adalah: a) Merupakan tempat peneliti mengajar, sehingga mempermudah peneliti dalam melakukan PKn materi Memahami Sistem Pemerintahan Republik Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian dilakukan selama tiga bulan yaitu mulai bulan Oktober 2014 sampai dengan bulan Desember 2014.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI semester I SD Negeri Wirogunan 02 Kartasura Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa sebanyak 17 orang. Alasan pemilihan subjek dilandasi pada kenyataan bahwa tingkat ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran PKn materi materi Memahami Sistem Pemerintahan Republik Indonesia dan berada di bawah KKM yang ditetapkan dengan tingkat penguasaan penuh secara klasikal > 80.00%, yaitu baru mencapai 52.94%.

Jenis penelitian dengan strategi yang dianggap terbaik untuk diterapkan adalah penelitian tindakan kelas. Model dan strategi tindakan dalam penelitian ini mengacu pada model McKernan (Wiriaatmadja, 2006: 69) dengan dua siklus.

Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 (dua) siklus. Tiap-tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang dicapai. Untuk mengetahui permasalahan yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa kelas VI semester I SD Negeri Wirogunan 02 Kartasura Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2014/2015, dilakukan observasi terhadap kegiatan pembelajaran melalui langkah-langkah yang telah ditentukan.

Download Jurnal PTK SD Kelas 6 Mapel PKN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar