Penelitian dilaksanakan di Gugus Pantai Popoh UPTD Pendidikan Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo. Pemilihan lokasi dilandasi adanya alasan bahwa: 1) peneliti merupakan Pengawas di gugus tersebut; dan 2) kompetensi guru kelas di gugus tersebut dalam penyusunan rubrik penilaian kurang optimal sehingga perlu pembinaan secara terstruktur.Penelitian dilakukan selama 3 (tiga) bulan pada semester 2 tahun pelajaran 2014/2015, yaitu pada bulan Maret 2015 sampai dengan Mei 2015.
Subyek penelitian dari penelitian tindakan sekolah ini adalah guru kelas IV, V, dan VI Sekolah Dasar di Gugus Pantai Popoh UPTD Pendidikan Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo, yang terdiri dari 16 orang guru. Obyek penelitian adalah kompetensi guru menyusun rubrik penilaian, khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi kelas IV, V, dan VI di Sekolah Dasar.
Teknik pengambilan data dalam penelitian ini terdiri dari teknik observasi, dan dokumen. Observasi merupakan teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan dengan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan pedoman observasi yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati.
Teknik dokumen digunakan untuk memperoleh data berupa kompetensi guru dalam penyusunan rubrik penilaian pembelajaran sebelum dan sesudah pelaksanaan pembinaan terstruktur melalui supervisi akademik metode kelompok dilaksanakan.
Download Jurnal PTK Kepala Sekolah SD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar