Kamis, 27 April 2017

Jurnal PTK SD Kelas 5 (Menghitung Volume)

Prosedur peneilitian yang digunakan yaitu prosedur jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yatu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.

Analisis data kualitatif model pembelajaran dianalisis menggunakan analisis deskritif kualitatif dengan membandingkan siklus I dan siklus ke II sedangkan data yang berupa angka (kuantitatif) dari hasil belajar siswa dianalisis menggunakan deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai siklus 1 dan nilai tes siklus II kemudian direfleksi.

Hasil penelitian melalui menghitung volume kubus dan balok melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada siswa kelas V SD Negeri Manang 01 semester I tahun pelajaran 2009/2010 meningkat, proses pembelajaran  berlangsung lancar dengan suasana menyenangkan dari  siklus I ke   siklus terdapat peningkatan tentang proses belajar.

Dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan keaktifan dari cukup aktif menjadi aktif, peningkatan keberanian dari cukup berani menjadi berani, peningkatan  kerjasama dari cukup baik menjadi baik, dan peningkatan ketelitian dari kurang teliti menjadi teliti.

Terdapat peningkatkan kompetensi menghitung volume kubus dan balok dari kondisi awal ke siklus II terdapat peningkatan yaitu , Nilai tuntas dari 10 siswa (35,71%) menjadi 28 siswa (100%) yaitu meningkat 18 siswa (64,39%). Nilai rata-rata 60,75 meningkat menjadi 82,36 yaitu meningkat 21,61 dan terjadi perubahan perilaku siswa  ke arah positip.

Download Jurnal PTK SD Kelas 5 (Menghitung Volume)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar