Untuk mempermudah pemahaman dalam kerangka berpikir dari apa yang dilakukan oleh peneliti pada tindakan kelas, tentang “Meningkatkan Keterampilan Menilis Karangan dengan Menggunakan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas III B Semester II SD Negeri Gayam 01 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014”.
Keterampilan menulis karangan dipengaruhi oleh proses belajar siswa, jika proses belajar siswa baik maka keterampilan menulis karangan juga akan baik. Pembelajaran pada kondisi awal guru masih menggunakan metode yang ceramah.
Tindakan pada siklus I pada pembelajaran Bahasa Indonesia tentang keterampilan menulis karangan guru menggunakan media gambar seri dengan bimbingan guru. Siklus II pada pembelajaran Bahasa Indonesia tentang keterampilan menulis karangan guru menggunakan media gambar seri tanpa bimbingan guru.
Dari tindakan kelas, siklus I dan siklus II, diharapkan siswa yang belum memahami tentang keterampilan menulis karangan, dapat memahami dan keterampilan menulis karangan meningkat, dengan ditunjukkannya adanya peningkatan keterampilan menulis karangan. Kondisi akhir, melalui penggunaan media gambara seri diduga dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan, pada siswa kelas III B SD Negeri Gayam 01 Semester II Tahun 2013/2014.
Download Jurnal PTK SD Kelas 3 Mapel Bahasa Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar