Sabtu, 01 April 2017

Download Jurnal PTK Akuntansi kelas XI IPS

Hasil observasi yang telah dilakukan dapat dilihat bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) mampu meningkatkan hasil belajarnya dan keaktifan siswapun meningkat. Untuk penilaian hasil belajar dari ranah kognitif dapat dilihat dari hasil post tesnya (tes hasil belajar) yang menunjukkan nilai rata-rata mereka adalah 76,97 terlihat meningkat dibandingkan dengan nilai rata-rata mereka sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) yaitu 63.91.

Jumlah siswa yang mendapatkan nilai diatas standar ketuntasan 65,00 sebanyak 26 siswa dari jumlah keseluruhan 32 siswa. Dengan kata lain, indikator ketercapaian pada siklus I telah tercapai yaitu 76,97% siswa telah memperoleh nilai diatas 65,00 dari 70% target yang direncanakan.

Untuk penilaian hasil belajar ranah psikomotorik siswa, peneliti melakukan pengamatan kepada siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan pengamatan sekitar 78,37% siswa nilai psikomotoriknya telah mencapai 65,00. Dengan kata lain indikator ketercapaian pada siklus I telah tercapai yaitu sebesar 78,37% siswa telah memperoleh nilai minimal 65,00 dari target 70% yang telah direncanakan.

Berdasarkan pengamatan pada siklus I siswa lebih aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar dibandingkan sebelum diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Siswa tampak aktif dalam diskusi dan kerja kelompok serta aktif saat pembeljaran berlangsung. Rata-rata keaktifan siswa pada siklus I mencapai 60,36% dengan demikian indikator ketercapaian yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu sebesar 60% telah tercapai.

Download Jurnal PTK Akuntansi kelas XI IPS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar