Berdasarkan kajian teori di atas, maka kerangka berfikir dalam penelitian ini sebagai berikut; Kondisi awal guru belum memanfaatkan model pembelajaran pendekatan Contextual Teaching and Learning, pada kondisi awal ini penguasaan siswa pada kompetensi membandingkan pecahan masih sangat rendah. Tindakan yang dilakukan oleh guru adalah dengan menerapkan model pembelajaran pendekatan Contextual Teaching and Learning pada siklus I dan dilanjutkan pada siklus II. Diduga melalui model pembelajaran pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan prestasi belajar kompetensi membandingkan pecahan sederhana.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah prestasi belajar kompetensi membandingkan pecahan sederhana dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran pendekatan contextual teaching and learning pada siswa kelas III SD Negeri Jetis 01, Sukoharjo, Tahun Pelajaran 2013/2014.
Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan, yaitu bulan Oktober sampai dengan bulan Desember 2014.Sebagai subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 SD Negeri Jetis 01 Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 40 anak, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing melalui empat tahap, yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi.
Download Jurnal PTK SD Kelas 3 Mapel Matematika
Tidak ada komentar:
Posting Komentar