Supervisi akademik metode kelompok yang dilakukan kepala sekolah berhasil meningkatkan kemampuan melaksanakan pembelajaran tematik bagi guru kelas rendah di SD Negeri Pucangan 05 UPTD Pendidikan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Hal ini diindikasikan dengan meningkatnya kemampuan guru pada aspek penilaian yang dilakukan.
Kemampuan guru dalam melakukan analisis materi ajar tematik (Buku Guru) mengalami peningkatan dibandingkan kondisi sebelumnya. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya skor rata-rata ketercapaian dari sebesar 63.89% pada kondisi awal meningkat menjadi 76.85% pada tindakan siklus I, kemudian meningkat menjadi 87.04% pada tindakan siklus II.
Kemampuan guru dalam melakukan analisis materi ajar tematik (Buku Siswa) mengalami peningkatan dibandingkan kondisi sebelumnya. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya skor rata-rata ketercapaian dari dari sebesar 63.64% pada kondisi awal meningkat menjadi 76.77% pada tindakan siklus I, kemudian meningkat menjadi 85.86% pada tindakan siklus II.
Kemampuan guru dalam penyusunan RPP tetamtik mengalami peningkatan dibandingkan kondisi sebelumnya. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya skor rata-rata ketercapaian dari sebesar 67.11% pada kondisi awal meningkat menjadi 74.67% pada tindakan siklus I, kemudian meningkat menjadi 85.78% pada tindakan siklus II;
Kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran RPP tematik mengalami peningkatan dibandingkan kondisi sebelumnya. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya skor rata-rata ketercapaian dari sebesar 64.39% pada kondisi awal meningkat menjadi 80.30% pada tindakan siklus I, kemudian meningkat menjadi 90.91% pada tindakan siklus II.
Download Laporan Jurnal PTK Disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar