Selasa, 28 November 2017

Contoh Jurnal PTK SD Kelas VI Mata Pelajaran IPS

Rendahnya hasil belajar siswa pada kondisi awal disebabkan karena pembelajaran yang disampaikan guru lebih terpusat pada guru sehingga siswa kurang terlibat dalam pembelajaran.

Hal ini dapat diketahui dari wawancara dengan beberapa orang siswa yang menyatakan bahwa pembelajaran yang disampaikan guru dilakukan secara monoton sehingga siswa merasa bosan dan mengantuk dalam mengikuti pembelajaran. Komunikasi dalam pembelajaran hanya berlangsung searah sehingga siswa kurang terlibat dalam kegiatan pembelajaran.

Hasil tes diperoleh dari nilai tes yang dilaksanakan setelah akhir pembelajaran tindakan Siklus I, yaitu pada hari Kamis, 12 Nopember 2015. Hasil tes menunjukkan bahwa nilai terendah yang diperoleh siswa adalah sebesar 65.00 dan nilai tertinggi sebesar 90.00. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah sebesar 75.00. Atas dasar hal ini maka secara klasikal siswa belum melampaui batas tuntas minimal yang ditetapkan.

Ditinjau dari ketuntasan belajar, jumlah siswa yang sudah mencapai batas tuntas minimal dengan nilai 70.00 adalah sebanyak 13 orang  siswa atau 72.22% sedangkan yang masih belum batas tuntas sebanyak 5 orang siswa atau 27.78%. Data ketuntasan belajar siswa pada tindakan Siklus I dapat disajikan ke dalam tabel berikut:

Download disini: Contoh Jurnal PTK SD Kelas VI Mata Pelajaran IPS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar