Rabu, 29 November 2017

Jurnal PTK SD kelas III Mapel Pendidikan Agama Islam (PAI)

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik dokumentasi, teknik tes, dan teknik non tes. Dokumen yang berupa daftar nilai / laporan penilaian, pengolahan dan analisis hasil belajar siswa yang digunakan untuk mendapatkan data tentang hasil belajar kondisi awal. Tes, digunakan untuk mendapatkan data tentang hasil belajar siswa yang berupa butir soal. Pengamatan, menggunakan lembar penilaian yaitu, untuk mengetahui proses belajar mengajar tentang minat, kerjasama, keaktifan dan suasana belajar siswa.

Untuk memperoleh data yang valid mengenai kemampuan membaca Al Quran dan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Bentakan 01 semester I Tahun 2015/2016 yaitu: 1) Proses pembelajaran siswa (Pengamatan) divalidasi dengan melalui trianggulasi sumber yaitu data yang berasal dari siswa, guru, dan kolaborasi teman sejawat. Data kualitatif hasil pengamatan menggunakan analisis deskriptif kualitatif berdasarkan pengamatan dan refleksi dengan membandingkan proses kondisi awal, siklus I dan siklus II.  2) Hasil belajar yang berupa nilai tes yang divalidasi adalah instrumen tes yang berupa butir soal dengan content validity diperlukan kisi-kisi soal.

Data yang berupa angka (data kuantitatif) menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes siklus I dan nilai tes siklus II kemudian direfleksi.  Data kualitatif hasil pengamatan proses pembelajaran dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan membandingkan siklus I dan siklus II. Sedangkan data yang berupa angka (data kuantitatif) dari hasil belajar siswa dianalisis menggunakan deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes setelah siklus I dan nilai tes setelah siklus II kemudian direfleksi.

Download Jurnal PTK SD kelas III Mapel PAI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar