Berdasarkan latar belakang permasalahan, perumusan masalah, kajian teori dan kerangka pemikiran yang sudah dibahas sebelumnya, maka dapat disusun suatu hipotesis tindakan sebagai berikut: “supervisi akademik berkelanjutan dengan metode direktif dapat meningkatkan kemampuan kinerja guru dalam menerapkan model model pembelajaran kooperatif bagi guru kelas di SD Negeri Kertonatan 02 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo semester I tahun pelajaran 2016/2017”.
Sesuai dengan permasalahan dalam penelitian, maka penelitian dilakukan di SD Negeri Kertonatan 02 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Dipilihnya SD Negeri Kertonatan 02 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo sebagai tempat penelitian didasarkan pada adanya fakta kemampuan guru dalam pembelajaran di sekolah tersebut cukup rendah dan peneliti bekerja di sekolah tersebut. Penelitian dilakukan selama tiga bulan, yaitu dimulai pada bulan Juli hingga bulan September 2016.
Subjek penelitian ini adalah guru-guru kelas di SD Negeri Kertonatan 02 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Sedangkan objek penelitian berupa supervisi akademik dalam meningkatkan kemampuan kinerja guru dalam menerapkan model model pembelajaran kooperatif yang dilakukan kepala sekolah di SD Negeri Kertonatan 02 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo guna meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran.
Rancangan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan sekolah. Objek penelitian berupa supervisi akademik dengan pendekatan kelompok metode direktif dalam peningkatan kinerja guru dalam pembelajaran bagi guru kelas dan guru mata pelajaran yang dilakukan kepala sekolah di SD Negeri Kertonatan 02 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan (Action Research). Penelitian dilakukan dalam tiga siklus tindakan. Secara operasional, tidakan yang akan dilakukan mencakup empat tahap yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan refleksi.
Download disini! Laporan Jurnal PTK SD: PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MENERAPKAN MODEL MODEL PEMBELAJARAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar