Berdasarkan data hasil tes yang dilakukan pada akhir tindakan Siklus II, dapat diketahui bahwa nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah 98.00 dan nilai terendah adalah 67.00. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah sebesar 77.47. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 77.47 > KKM yang ditetapkan dengan KKM > 67.00. Atas dasar hal tersebut siswa secara klasikal dianggap sudah mencapai ketuntasan belajar.
Ditinjau dari ketuntasan belajar, dapat diketahui bahwa jumlah siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar dengan KKM > 67.00 adalah 38 orang siswa atau 100.00% dari jumlah siswa, sehingga tidak ada siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan hal tersebut, maka indikator penguasaan penuh secara klasikal, berupa tercapainya > 80.00% jumlah siswa sudah mencapai ketuntasan belajar dengan KKM > 67.00 sudah terlampaui.
Berangkat dari kondisi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran yang dilakukan guru pada tindakan Siklus II berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan terlampauinya indikator keberhasilan tindakan berupa nilai rata-rata dan ketuntasan belajar siswa, yaitu dengan ketuntasan kelas sebesar 100%. Data tingkat ketuntasan belajar siswa pada tindakan Siklus II selanjutnya dapat disajikan ke dalam diagram sebagai berikut:
Hasil refleksi tindakan pembelajaran Siklus II dapat dikemukakan sebagai berikut:
1) Penerapan strategi pembelajaran Information Search pada tindakan Siklus I dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Hal ini diindikasikan dengan meningkatnya jumlah siswa dengan aktivitas kategori aktif dari sebesar 26.32% pada tindakan Siklus I, meningkat menjadi 65.79% pada tindakan Siklus II.
2)Penerapan strategi pembelajaran Information Search pada tindakan Siklus I dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar dan tingkat ketuntasan belajar siswa. Nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 70.18 pada akhir tindakan Siklus I, meningkat menjadi 77.47 pada akhir tindakan Siklus II. Ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari 60.53% pada akhir tindakan Siklus I, meningkat menjadi 100 % pada akhir tindakan Siklus II.
Download Contoh Jurnal PTK SD Kelas V Mapel PKn Semester II
Tidak ada komentar:
Posting Komentar