Siswa dikatakan inventif bila memberikan ide baru. Siswa ini menunjukkan daya pikir orisinil dalam interpretasi mereka. Sikap inventif dapat ditunjukkan dengan pernyataan verbal dan tindakan seperti (a) Menggunakan peralatan dalam cara yang konstruktif dan tidak biasa; (b) Mampu memberikan saran untuk eksperimen yang baru; (c) Mendeskripsikan kesimpulan secara detail dari pengamatan mereka.
Siswa yang mendasarkan saran dan kesimpulan mereka pada fakta dan kenyataan. Mereka mungkin menunjukkan berfikir kritis lebih besar pada pernyataan verbal, seperti (a) Menggunakan fakta atau bukti untuk mengambil suatu kesimpulan; (b) Menunjukkan kontradiksi pada laporan mereka dibandingkan teman sekelasnya dan (c) Dapat mengubah ide mereka berdasarkan bukti.
Peserta didik yang tetap tertarik secara aktif dalam masalah untuk jangka waktu yang lama dibandingkan dengan teman sekelasnya dikatakan memiliki sikap persisten (teguh pendirian). Mereka tidak mudah diganggu dari aktivitas mereka. Mereka menunjukkan sikap ini dengan cara (a) Terus meneliti materi; (b) Mengulang eksperimen yang gagal dan (c) Menyelesaikan kegiatannya meskipun teman sekelasnya telah selesai lebih dulu.
Keterampilan kooperatif yang diamati dalam pelaksanaan Jigsaw meliputi partisipasi kelompok, pembagian tanggung jawab, kualitas interaksi, dan peran dalam kelompok.
Download disini! JURNAL PTK KELAS XI IPA KIMIA: PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS LINGKUNGAN DALAM JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI LAJU REAKSI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar