Hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa ”Pembelajaran dengan pendekatan ketrampilan proses dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi Memahami Gaya bagi siswa Kelas IV Semester II SD Negeri Purwotomo No. 97 Surakarta tahun Pelajaran 2014/2015” terbukti kebenarannya. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar dan tingkat ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus tindakan yang dilakukan.
Pada kondisi awal, hasil belajar siswa cukup rendah.Hal ini ditunjukkan dengan besarnya nilai rata-rata hasil belajar sebesar 66.47 dan tingkat ketuntasan belajar sebesar 52.94%. Kondisi tersebut diindikasikan disebabkan karena proses pembelajaran yang kurang mampu mendorong keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran cenderung bersifat teacher-centered dan didominasi guru.Guna mengatasi hal tersebut maka guru berupaya melakukan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran dengan pendekatan ketrampilan proses. Metode pembelajaran dengan pendekatan ketrampilan proses merupakan suatu metode pembelajaran yang mendorong siswa untuk aktif dalam membangun pengetahuan mereka melalui proses mencari dan menemukan.
Penggunaan metode ini diharapkan dapat mendorong siswa untuk menemukan dan mengkonstruksi pengetahuan mereka tentang suatu konsep.
Upaya perbaikan yang dilakukan guru cukup berhasil meningkatkan hasil belajar siswa.Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar dan tingkat ketuntasan belajar siswa.Nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu dari 66.47 pada kondisi awal menjadi 71.03.Tingkat ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari 52.94% pada kondisi awal menjadi 70.59% pada tindakan Siklus I.Peningkatan tersebut dipandang belum optimal. Meskipun nilai rata-rata yang diperoleh sudah melampaui KKM, yaitu 71.03 > 70.0, namun penguasaan penuh secara klasikal masih di bawah indikator kinerja yang ditetapkan, yaitu dengan tingkat penguasaan penuh secara klasikal > 80%. Berpijak dari kondisi tersebut maka dilakukan perbaikan pembelajaran pada tindakan Siklus II.
Download disini! PTK IPA SD Kelas IV Materi Gaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar