Senin, 26 Maret 2018

PTK SD: PEMANFAATAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI

Usai menentukan luas bangun datar, masing-masing siswa menuliskan nama bangun dan luas bangun LKS (1) hingga seluruh anggota kelompok mengisi semua. LKS (1) yang telah terisi ini merupakan data yang menjadi sumber penilaian, yaitu Nilai Menghitung luas segi banyak. Guru melihat proses penghitungan dengan memperhatikan aktivitas siswa, di antaranya, cara menghitung luas, cara menentukan rumus luas bangun datar, dan hasil yang didapatkan dari perhitungan tersebut.

Pada  tabel di atas terlihat bahwa sebagian besar siswa belum mendapat nilai 75 atau lebih. Nilai tertinggi 94 dan terendah 44. Berikut ini nilai siswa yang ditampilkan dalam bentuk gambar diagram.

Terlihat pada gambar diagram di atas bahwa sebagian besar siswa belum memperoleh nilai yang melewati garis batas ketuntasan belajar. Bahkan, ada siswa yang mendapat nilai kurang dari 40. Namun demikian, nilai rata-rata kelas telah meningkat jika dibandingkan dengan kondisi Prasiklus. Ini tentunya tidak lepas dari pemenfaatan alat peraga dalam menghitung luas bangun datar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar