Rendahnya kemampuan anak dalam mengenal huruf ditunjukkan dengan hasil penilaian yang dilakukan guru pada tahap pra siklus tindakan. Berdasarkan hasil penilaian, dapat diketahui bahwa dari sebanyak 28 anak didik di Kelompok B, jumlah anak yang sudah memiliki kemampuan mengenal huruf dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) baru mencapai 2 anak (7.14%). Adapun jumlah anak yang sudah memiliki kemampuan mengenal huruf dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) baru mencapai 5 anak (17.86%).
Sisanya sebanyak 21 anak (75.00%) termasuk ke dalam kategori kemampuan Mulai Berkembang (MB) (35.71%), dan Belum Berkembang (BB) (39.29%). Rendahnya kemampuan mengenal huruf anak TK tentu saja akan menimbulkan dampak buruk bagi yang bersangkutan. Dampak tersebut akan sangat dirasakan memasuki bangku sekolah dasar kelak di kemudian hari.
Permasalahan dalam pembelajaran mengenal huruf pada anak Kelompok B di TK YPAB Permata Hati Kecamatan Jebres Kota Surakarta masih mengikuti cara-cara lama yang kurang efektif, dan dengan media yang masih kurang. Pembelajaran mengenal huruf di T TK YPAB Permata Hati Kecamatan Jebres Kota Surakarta seringkali hanya menggunakan majalah LKA (Lembar Kerja Anak). Proses pembelajaran mengenalkan huruf belum menggunakan media yang lebih efektif untuk mengenalkan huruf.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar