Selasa, 27 Maret 2018

Contoh PTK SD kelas 5 mapel IPS

Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS bagi siswa Kelas V SD Negeri Pajang I No. 93 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya prestasi belajar siswa pada setiap siklus tindakan yang dilakukan.

Identifikasi terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Pajang I No. 93 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam pembelajaran IPS pada kondisi awal diperoleh hasil yang kurang memuaskan. Hasil ulangan harian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa diperoleh sebesar 60.87. Nilai rata-rata yang diperoleh ternyata < KKM yang ditetapkan sebesar 65.0.
Ditinjau dari ketuntasan belajar, jumlah siswa yang sudah mencapai batas tuntas dengan nilai > 65.0, baru mencapai 45.65%. Sisanya sebesar 54.35% belum mencapai ketuntasan belajar dengan KKM sebesar 65.0.

Berangkat dari kondisi tersebut, maka guru melakukan suatu upaya perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Perbaikan yang dilakukan guru adalah memperbaiki proses pembelajaran berupa peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Meningkatnya aktivitas siswa dalam pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan penguasaan konsep sehingga hasil belajar siswa ikut meningkat.

Download disini PTK SD kelas 5 mapel IPS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar