Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Telukan 04 Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan pertimbangan sebagai berikut.; SD Negeri Telukan 04merupakan tempat bertugas peneliti, SD Negeri Telukan 04 merupakan tempat penelitian yang memiliki sarana dan prasarana mencukupi sehingga guru akan mampu mengoptimalkan media dan metode yang tepat, SD Negeri Telukan 04merupakan tempat penelitian yang memiliki prestasi belajar yang sedang.
Subyek dan Obyek Penelitian
Subyek penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Negeri Telukan 04 Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014.Obyek Penelitian; Mata pelajaran untuk penelitian adalah Pendidikan Kewarganegaraan; Standar Kompetensi: Mengenal sistem pemerintah Desa dan kecamatan, Kompetensi Dasar : Mengenal lembaga-lembaga pemerintah Desa dan kecamatan
Prosedur Penelitian
Prosedur dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dalam dua siklus, dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan langkah, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pemgamatan, dan tahap refleksi
Analisis Data
Data yang digunakan dalam mengolah data yang dikumpulkan dianalisis dengan cara : 1) Kualitatif yaitu data tentang komentar obsever (pengamat) terhadap kinerja guru dalam pembelajaran.2) Kuantitatif yaitu data tentang hasil belajar yang berupa skor yang diperoleh siswa dari tes yang diberikan
HASIL TINDAKAN PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Deskripsi Kondisi Awal
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SDN Telukan 04 Kecamatan Grogol, selama ini guru menggunakan metode pembelajaran konvensional ceramah maka dengan metode ini siswa IV menemui kesulitan dalam menguasai dan memhami materi pelajaran tentan sistem pemilu dan pilkada sehingga hasil belajar PKn kelas IV SDN Telukan 04 rendah.Rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Telukan 04 semester I Tahun Pelajaran 2013/2014 dapat dilihat pada tabel dan grafik berikut:
Download Jurnal PTK Mapel PKn kelas IV SD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar