Berdasarkan uraian dan teori serta kerangka berpikir di atas, maka hipotesis penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut :“Melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada konsep Struktur Bahan siswa Kelas V Semester I di SD Negeri Kwarasan 02 Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014”.
Penelitian tindakan ini dilaksanakan pada Semester I Tahun pelajaran 2013/2014 selama 3 (tiga) bulan , dimulai bulan Agustus Sampai Bulan Oktober 2013.:Tempat Penelitian Tindakan Kelas ini adalah di SD Negeri Kwarasan 02, Kecamatan Grogol , Kabupaten Sukoharjo. SD Negeri Kwarasan 02 termasuk Sekolah Dasar yang berada di wilayah Kabupaten Sukoharjo. Peneliti sebagai guru kelas V SD Negeri Kwarasan 02 menem,ukan masalah yang dialami oleh anak didiknya, yaitu rendahnya hasil belajar IPA.
Subyek dalam Penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Kwarasan 02 semester I tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 14 siswa. Sedangkan obyek penelitian ini adalah peningkatan aktivitas siswa belajar IPA pada konsep struktur bahan melalui penerapan metode Demonstrasi.
Download Jurnal PTK IPA SD KELAS V SEMESTER I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar